Trader Bodoh

Dahulu terasa indah
Tak ingin lupakan
Kemenangan selalu jadi Satu kenangan manis

Tiada yang salah
Hanya aku trader bodoh
Yang biarkan semua ini permainkanku
Berulang ulang kali

Mencoba bertahan sekuat hati
Layaknya karang yang dihempas sang ombak
Jalani posisi dalam floating belaka
Inject dana terus di dalam takdir

Tak ayal tingkah minusku
Buatku putus asa
Kadang akal sehat ini
Tak cukup membendungnya

Hanya kepedihan
Yang selalu datang menertawakanku
Engkau minus terus
Tega menari indah di atas tangisanku

Semua kisah pasti ada akhir
Yang harus dilalui
Begitu juga akhir kisah ini
Yakinku indah

Tapi sampai kapankah kuharus
Menanggungnya kutukan floating ini
Bersemayam dalam kalbu

Hehehe lagu Ada Band manusia bodoh sedikit saya plesetin jadi Trader Bodoh 🙂

Apa kabar para pembaca ?

Miss me, tentu aja saya tau itu 🙂 anda butuh bimbingan saya, anda haus ilmu2 baru dan
artikel2 baru.

Kali ini gue bahas soal Trader bodoh,

Maaf bukan menyinggung kalian yg bodoh, tapi ini mengingatkan diri gue sendiri

Gue juga pernah menjadi Trader bodoh, ya sedih ingat itu emang awalnya kemenangan,
seringnya karna gak pake stoploss, floating, ngelock dsb, akhirnya kemenangan manis itu
jadi kutukan floating.

Gpp lah sedikit nostalgia saat jadi Trader bodoh,
kalian jgn malu mengakui jadi trader bodoh, setiap trader yg baru bermain maupun dalam
proses pencarian system, pendalaman materi, masih akan sering melakukan kesalahan bodoh.

Kesalahan bodoh yg pernah gue alami dan gue yakin juga pernah para pembaca alami :

1. Kebiasaan floating lama2 gak jelas tidak terencana, karena tidak mau menerima bahwa
posisi dah salah / tidak siap menanggung kerugian.

2. Terbawa arus pasar, pasar naik ragu2 ikut naik, pas dah tinggi baru ikut naik, tiba2
pasar turun panik , ketika turun dah jauh shock akhirnya buang yg buy pasang sell,
di permainkan pasar, akhirnya naik lagi.

3. Serakah, awalnya target 20-30 pips eh melihat kayaknya bisa naik banyak nih, akhirnya
di buka take profitnya lalu akhir cerita berakhir sedih, harusnya tadi dah untung 30 pip
menjadi minus hehehe.

4. Berharap, ketika posisi salah -30 – 40 terus berharap posisi akan sesuai arah kita,
akhirnya stress – makin besar gak positif2.

5. Margin call, ini kesalahan trader newbie, tidak mengerti perhitungan margin, dan
berapa angka safe / quantity aman, main terlalu banyak berakhir duit habis kena margin call.

Masih banyak kesalahan2 bodoh sebenarnya yg susah di ungkapkan dengan kata-kata.
Saya rasa kalian mengerti lah, bagi yg pernah juga menjadi trader bodoh 🙂

So para pembaca sampe titik ini pasti berpikir, si Kim tau aja, jadi solusinya gemana nih ?

Hahaha, gampang para pembaca

Kalian harus membiasakan trading terencana, seperti mau masuk posisi di angka berapa,
masuk posisi karena apa, mau out di mana kalo kalian salah, mau out di mana kalo kalian benar.

Sesimple itu aja kok, gak ada yg rumit-rumit. Kalo masih bingung juga ? Ya sudah baca pelan-pelan dan renungi dulu. Sudahkah anda mengerti ?

Ok guys gurls, caooo dulu sampe di artikel lain selanjutnya…

My Success is Your Success
Suyanto Kim S.Kom MbF